- Advertisement -

NASIONAL

OPINI

- Advertisement -

Iptu Hasoloan Samosir Penemu Sumur AKHLAG Untuk Menanggulangi Kebakaran Karhutla di Tanah Gambut

 


PELALAWAN, SOROTTUNTAS.COM - Tim Verifikasi Lapangan Lomba Problem Solving, meninjau penemuan Sumur AKHLAG (Antisipasi Kebakaran Hutan Lahan Gambut) untuk mencegah Kebakaran Karhutla dilahan Gambut, Penemuan Ilmu Untuk Sumur AKHLAG Oleh Iptu Hasoloan Samosir, Bermula THN 2014 dan di gunakan saat kebakaran besar di kabupaten Pelalawan. 


Dalam acara verifikasi lapangan lomba problem solving tersebut turut hadir Kasubdit Gasum Polda Riau Kompol Lagomo AMD, Waka polres Pelalawan  Kompol Dwi Yatmoko S.T.P. SIK.MIK, Kasat Samapta AKP AL Imran S.H, serta diikuti oleh personil Sat Samapta Polres Pelalawan 10 orang, dan juga dihadiri oleh tim Verifikasi Dr.Ir Haryudarini Harahap, M.Kes (Peneliti Ahli Madya), Salmiyati, M.Pd.,pH.D (Akademisi penelitian)


Adapun acara penilaian inovasi lomba problem Solving tersebut dilaksanakan Kamis 14/9/2023 sekitar pukul 11.00 wib, di Aula Polres Pelalawan. Materi pembuatan sumur AKHLAG disampaikan oleh Iptu Hasoloan Samosir, yang menjadi penilaian lomba inovasi problem Solving antara lain: 


1. Dengan adanya sumur AKHLAG( Antisipasi Kebakaran Hutan Lahan Gambut) akan mendapatkan Kemudahan Ketersediaan Sember Air Untuk antisipasi kebakaran dilahan Gambut, dan juga sebagai sumber Air bersih bagi Warga Masyarakat yang bermukim di daerah gambut yang ramah lingkungan.


2.Unsur Pembaharuan moderen  bahwa pembuatan sumur AKHLAG ini, digunakan mata bor didesain secara khusus berdasarkan kondisi Gambut yang ada, dan alat yang dirancang Iptu Hasoloan Samosir Kanit Samapta Kuala Kampar, dengan bimbingan dari kalangan Akademisi.


3.inovasi pembuatan sumur Akhlag melibatkan sumber daya manusia terdiri sebagai berikut: 

1orang inovator menyusun rancangan serta sistem kerja sumur AKHLAG( Iptu Hasoloan Samosir). Selain dari internal Polda Riau penilaian lomba problem solving juga melibatkan tem penilai dari eksternal.

1.Dr.Ir Haryudarini Harahap, M.Kes( peneliti ahli madya)

2.Salmiyati, M.Pd, Ph.D(Akademisi peneliti).


4. Bahwa sumur (AKHLAG) ini, membutuhkan waktu sekitar 35 menit dengan menggunakan alat, yang sudah didesain dan dilakukan pengeboran secara manual, yang ramah lingkungan dan mudah cara kerjanya.


Setelah team penilai melakukan pemeriksaan peralatan sumur AKHLAG di Aula Polres Pelalawan, dengan penjelasan secara rinci. Penggunaan peralatan tersebut oleh Iptu Hasoloan Samosir, kemudian dilanjutkan peninjauan 3 unit sumur AKHLAG Perum Weny Regensi jalan Tengku Raja Lela.


Sumur AKHLAG pembuatan tahun 2021, diuji test oleh team dan semua sumur tersebut berfungsi dengan baik dan dapat menyuplai Air mesin ministrekers nonstop selama berjam-jam tetap air stabil tanpa ada kendala. Selain digunakan sumur AKHLAG untuk Karhutla, juga dapat digunakan sebagai air bersih pada warga perumahan tersebut secara gratis.


Kami berharap lomba problem solving tersebut menjadi perhatian para pemangku kepentingan, karena manfaatnya untuk mencegah Karhutla, sebagai sumber air bersih, dan sebagai sumber air pada lahan pertanian palawija dilahan gambut pungkasnya. (Harris.s)

LAINNYA,
« Prev Post
BACA BERIKUTNYA,
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *