- Advertisement -

NASIONAL

OPINI

- Advertisement -

Demi Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa, SMK Negeri 1 Batam Melaksanakan Pameran Kewirausahaan Siswa

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batam, Lea Lindrawijaya Suroso, M.Pd, sumber foto : Batam TV.

BATAM, SOROTTUNTAS.COM - Dalam rangka untuk saling berbagi inspirasi dan wawasan kepada siswa sekolah kejuruan negeri dan juga dalam menyempurnakan produk pembelajaran, SMK Negeri 1 Batam mengadakan pameran kewirausahaan siswa.

Kegiatan ini disambut dengan antusias dari para siswa/i SMK Negeri 1 Batam.

Pameran ini digelar demi meningkatkan mutu pendidikan dan pembinaan siswa SMK Negeri yang lebih berkualitas, untuk mampu menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. 

Pameran siswa/i SMK Negeri 1 Batam. Sumber foto : Batam TV.

Kegiatan pameran ini juga sebagai ajang untuk menggali potensi dan kreativitas peserta didik dalam wirausaha, yang sesuai dengan minat dan potensi dari masing-masing siswa/i.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batam, Lea Lindrawijaya Suroso, M.Pd, menyampaikan, bahwa kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi bangsa kedepannya.

"Jadi harapan Pemerintah ke depan  kegiatan ini bisa secara signifikan untuk meningkatkan ekonomi bangsa dari sisi teknologi," ucapnya.

Selain itu, dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat melatih siswa untuk bertanggungjawab dan juga dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.

Karena dengan kegiatan ini para siswa dapat diberikan tanggungjawab atas apa yang telah ditugaskan. 

Tidak hanya itu, dengan dilaksanakannya kegiatan ini juga diharapkan dapat melatih kepercayaan diri untuk tampil dihadapan orang banyak, menambah wawasan, serta meningkatkan kreativitas.

Pameran siswa/i SMK Negeri 1 Batam. Sumber foto : Batam TV.

Kepada wartawan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batam Lea Lindrawijaya Suroso, M.Pd, berkesempatan menjelaskan beberapa produk yang dipamerkan dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut.

"Hari ini kami SMK Negeri 1 Batam hari terakhir melaksanakan pameran kewirausahaan siswa. Produk-produk yang dipamerkan adalah hasil pembelajaran berbasis projek yang dilakukan oleh siswa kami, juga usaha lainnya yang dicoba dirilis oleh siswa, seperti dari usaha makanan, minuman, dan lain sebagainya," jelas Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batam tersebut.

Lanjut kepala sekolah SMK Negeri 1 Batam menjelaskan, bahwa kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak hari Kamis tanggal 16 Desember 2021 hingga hari Sabtu tanggal 18 Desember 2021.

"Kegiatan ini berlangsung selam tiga hari, mulai hari Kamis kemarin tanggal 16, kemudian 17 Desember, dan hari ini hari terakhir tanggal 18 Desember 2021," jelasnya.

Tambanya Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batam lagi, "Stan yang disediakan terdiri dari enam bidang kompetensi keahlian yang kami miliki, yaitu teknik permesinan, kemudian pengelasan, teknik komputer jaringan, mekatronika, otomasi industri, teknik elektronika industri," ungkapnya.

Katanya lagi, "Kemudian dalam kegiatan ini ada juga hasil dari pembelajaran seni. Ada seni lukis, ada seni patung, kemudian juga di dalam ruangan ada seni rias untuk anak-anak kelas 10. 

Jadi ada anak-anak yang menampilkan seni-seni mereka, seperti seni tari, seni suara, yang mendandani adalah anak-anak kelas 10 yang belajar seni rias.

Jadi pameran ini semua berisi materi-materi pembelajaran siswa. Mulai dari pelajaran kejuruan, maupun pelajaran seninya. Dan seni lukis yang ada dalam stan, itu adalah hasil pembelajaran seni kelas 10.

Jadi untuk kurikulum kelas 10 untuk SMK pusat unggulan ada pelajaran seni. Bedanya dengan kurikulum terdahulu adalah, anak-anak untuk pelajaran seni bisa memilih dari lima materi seni yang kami tawarkan kepada mereka. 

Ada seni lukis, ada seni musik, ada seni suara, ada seni teater, dan ada seni rupa. Dan lukisan-lukisan itu adalah hasil dari pembelajaran seni dari anak-anak yang mengambil bidang seni lukis," ujar Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batam Lea Lindrawijaya Suroso, M.Pd, menjelaskan. 


Sumber : Batam TV


LAINNYA,
« Prev Post
BACA BERIKUTNYA,
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *