- Advertisement -

NASIONAL

OPINI

- Advertisement -

DPRD Batam Minta PT CCCII Stop Membuang Sisa Produksi

 

Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi III DPRD Kota Batam

BATAM, SOROTTUNTAS.COM -  Komisi III DPRD Kota Batam meminta PT China Communications Construction Industry Indonesia (CCCII) tidak membuang seluruh sisa hasil produksi keluar area penampungan sementara di perusahaan. 


Keputusan itu disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara PT CCCII dengan warga Sagulung, Senin, 17 April 2023.


”Kita menunggu hasil uji laboratorium dari Sucofindo atau SI (Surveyor Indonesia) untuk membuktikan apakah benar sisa produksi atau limbah yang dihasilkan perusahaan berupa concrete mengandung limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun). 


Dalam RDP kemarin, perusahaan menyatakan bahwa limbah yang dihasilkan telah diuji di laboratorium Singapura, tetapi untuk memenuhi harapan warga, kita minta diuji di laboratorium yang ada di Indonesia,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Batam, Djoko Mulyono, SH, MH, Senin, 17/4/2023.


RDP antara PT CCCII Batam yang berdomisili di Jalan Sungai Binti Sungai Aleng RT.001 RW.011, Kelurahan Sungai Binti, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, dilakukan atas desakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di bidang lingkungan, serta warga Sagulung, dan difasilitasi oleh Komisi III DPRD Kota Batam. 


Hadir dalam rapat Sekretaris Komisi III DPRD Kota Batam, Muhammad Rudi ST, Wakil Ketua Komisi III Siti Nurlailah, ST, MT, dan Anggota Komisi III Arlon Veristo. dan sejumlah perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam.


Dalam penjelasan yang disampaikan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, disebut PT CCCII telah memiliki Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) serta Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) sebagai syarat dokumen Lingkungan Hidup (DLH) dalam mendirikan perusahaan. 


Namun perwakilan Pemerintah Kota (Pemko) Batam itu tidak dapat menjelaskan apakah limbah sisa produksi yang dibuang ke sejumlah tempat itu mengandung limbah B3 atau tidak. ”Kami lihat dalam hasil uji lab yang disampaikan perusahaan tidak mengandung limbah B3” kata juru bicara DLH Kota Batam.(*)

LAINNYA,
« Prev Post
BACA BERIKUTNYA,
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *